Thursday, March 23, 2017

Animasi Sederhana Menggunakan PowerPoint

PERANCANGAN DAN PEMBUATAN ANIMASI “VIDEO CLIP MUSIK” 
MENGGUNAKAN MICROSOFT POWER POINT


Novrizqi Zuchri Deznady

Sistem Informasi Universitas Gunadarma

Email : novrizqi96@gmail.com


Abstrak

            Munculnya teknologi komputer ke dalam dunia multimedia  kini telah digunakan sebagai media / alat untuk membuat desain, audio, animasi, teks dan gambar termasuk dalam aplikasi multimedia. Dengan ilmu multimedia (Audio dan Video Player) sebagai sarana untuk menikmati gambar bergerak, tetapi juga sebagai media sarana atau alat untuk melakukan editing film / video seperti pembuatan video animasi, dokumenter, film indie dan FTV.
Keuntungan video animasi ini adalah dengan menggunakan software yang sangat sederhana. Serta proses waktu pembuatan video animasi yang tidak mengambil terlalu banyak waktu. Dalam pembuatan video animasi ini masih banyak kekurangan, seperti keterbatasan gambar yang akan digunakan sebagai bahan pembuatan animasi. Animasi ini dirancang menggunakan Microsoft Power Point untuk membat animasi dan aplikasi lain seperti Adobe Photoshop CS6.

Keyword : Animasi, Microsoft power Point, Multimedia


I. PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

Animasi komputer adalah salah satu bentuk modern dari cara pembuatan dan pengembangan animasi dengan teknik stop motion dalam animasi tradisional. Animasi komputer merupakan sebuah proses yang digunakan untuk menghasilkan sebuah gambar atau animasi itu sendiri dengan menggunakan komputer grafis. Animasi komputer mengacu pada sebuah gambar yang bergerak.

Film Kartun yang di tayangkan setiap hari di stasiun Televisi banyak di senangi oleh banyak pemirsa, tidak hanya oleh anak-anak, tetapi juga orang dewasa. Ini di karenakan Film Kartun dapat menampung segala daya imajinasi manusia di dalamnya. Manusia ingin selalu bebas berekspresi dan tidak mau di batasi  oleh apapun seperti yang di temui pada kehidupan sehari-harinya Industri Film Kartun di Indonesia sendiri saat ini masih  jauh dari yang di harapkan.

Oleh karena itu sangat penting bagi kita melatih diri untuk menciptakan sebuah karya. dengan sistem komputerisasi sekarang ini, kita dapat memproduksi Film Kartun Animasi dengan murah dan cepat, apalagi jika di dukung oleh Sumber Daya Manusia yang produktif dan memiliki kreatifitas tinggi sehingga mampu menghasilkan produk yang bernilai positif bagi perkembangan dunia kartun dan Animasi di Indonesia.

1.2  Batasan Masalah

Berdasarkan latar belakang diatas dapat dirumuskan batasan masalah sebagai berikut : bagaimana memberikan informasi kepada pembaca tentang kesederhanaan membuat animasi dengan menggunakan aplikasi yang digunakan sehari-hari.

1.3  Tujuan

Tujuan dari penulisan ini adalah membuat Animasi dengan menggunaka software yang sangat sederhana. Karena software yang digunakan adalah software Microsoft Power Point yang mana sebuah software yang sudah tidak asing lagi. Sehingga tidak mengahalangi para pemula yang akan membuat animasi dengan sederhana.

1.4  Metode Ilmiah

Penulisan yang dilakukan menggunakan data sekunder. Pengumpulan data sekunder dilakukan dengan melalui studi pustaka terhadap beberapa sumber seperti artikel, tutorial dan dokumentasi dari internet yang berhubungan dengan materi.




II. ISI

2.1 Cerita Animasi

            Cerita animasi ini berisikan tentang jalan cerita dari sebuah animasi yang penulis buat :

“Memperkenalkan Diri”

Disebuah tempat yang kosong, seseorang datang memperkenalkan diri.

2.2 Proses Pembuatan Animasi





III. Penutup

3.1 Kesimpulan

            Kesimpulan dari penulisan ini adalah agar para pemula animator tidak merasa terbebani dengan software yang jauh lebih rumit dari pada Microsoft Power Point ini. Karena berasal dari sesuatu yang sederhanalah yang akan menghasilkan sesuatu yang menginspirasi.

3.2 Saran

            Cerita dari animasi ini perlu dikembangkan. Selain itu diharapkan peletakkan objek-objek animasi sesuai dengan jalan cerita atau storyboard. Disarankan untuk menambahkan objek-objek yang lebih menarik dari sebelumnya.

No comments:

Post a Comment